First Post : Kehadiran Sosok Seorang Guru bagi Keberlangsungan Pendidikan

Alhamdulillah.. 
Senang sekali rasanya.. Ini adalah tulisan pertama yang saya buat untuk saya bagikan dalam blog "Gurukupkn" ini. Sejujurnya saya juga masih bingung mau mulai nulis darimana, dan akhirnya saya berfikir karena nama blog ini adalah Gurukupkn, jadi saya ingin menjelaskan mengenai Guru terlebih dahulu.

Kenapa harus membuat blog?
Apa yang dimaksud dengan Guru? Pengertian Guru? Kedudukan Guru?
Yah seperti itu lah kira-kira isi tulisan saya kali ini.

Hah?? beneran cuma nulis bisa dapet duit?! mau dong gimana caranya??
Mungkin seperti itu kesan pertama saya terhadap dunia blog, ya siapa yang nggak mau dapet duit hehe. tapi ada alasan lain sih yang mendorong saya untuk mulai menulis di blog ini,
  • Uang
Ini serius, awalnya saya tertarik buat mulai nge-blog ya ini alasannya. eh tunggu dulu, tidak semudah itu ferguso.. setelah saya baca-baca dan berselancar di internet, wow ternyata memang tidak semudah yang saya bayangkan.
  • Memperdalam Pengetahuan
Pada dasarnya memang saya saat ini statusnya adalah sebagai mahasiswa yang sedang belajar, dan dengan cara menulis di blog ini harapannya akan semakin memperkuat pengetahuan saya.

  • Mengisi Waktu Luang
Yah sejujurnya memang sebagai mahasiswa "kupu-kupu" katanya, saya punya banyak waktu luang yang daripada digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat lebih baik digunakan untuk menulis. hehe 

Sebelum masuk dalam pembahasan mengenai Guru, saya ingin sedikit memperkenalkan diri saya karena katanya tak kenal maka tak sayang. Baiklah, sebenarnya saya adalah seorang mahasiswa yang berinisiatif untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat layaknya seorang guru. 

Karena memang saya adalah mahasiswa yang diajari untuk nantinya diharapkan bisa menjadi seorang Guru yang profesional. Namun disini saya mungkin hanya akan lebih fokus memberikan pengetahuan mengenai Kewarganegaraan kerena memang saya sedang belajar di bidang pendidikan kewarganegaraan.

Sebenarnya sudah banyak blog yang membahas mengenai topik seperti ini, tapi saya tetap ingin menulis tentang topik ini. Bedanya saya akan membahas mengenai materi yang telah saya pelajari mulai awal perkuliahan dengan lebih dalam dan akan saya sajikan lebih ringan dan mudah diterima oleh masyarakat.

Yosh.. Beralih mengenai Guru

Guru.. jika merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. dan untuk arti dari mengajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan ilmu, melatih dan merubah tingkah laku serta cara pandang seseorang dengan cara memberikan pengetahuan.

Menurut Para Ahli, Guru Adalah:
  • Menurut Purwanto (1997:138)
Orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di lingkungan sekolah adalah guru. 
  • Husnul Chotimah (2008)
Mereka yang memfasilitasi transisi dari pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.
  • E. Mulyasa (2003:53)
Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Dilihat dari  pengertian Guru dari para ahli diatas, dapat saya simpulkan bahwa Guru adalah orang yang memiliki peran penting dalam proses transfer ilmu kepada peserta didik, yaitu orang yang bertanggung jawab dalam memfasilitasi proses transfer ilmu dan pengetahuan dari sumber belajar kepada peserta untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional.

Dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, disebutkan pada BAB II pasal 2 mengenai kedudukan dari Guru itu adalah sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Seorang guru dituntut sebagai tenaga pendidik dan pengajar yang profesional karena untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Guru di dalam menjalankan profesinya juga memiliki sebuah wadah organisasi yaitu PGRI. dengan menjadi anggota dari  PGRI, guru akan menjadi lebih terjamin dalam menjalankan profesinya karena kewenangan dan Fungsi PGRI itu bertujuan untuk mensejahterakan Guru.

Berikut ini adalah Kewenangan PGRI seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 42:
  • Menetapkan dan menegakkan kode etik guru;
  • Memberikan bantuan hukum kepada guru;
  • Memberikan perlindungan profesi guru;
  • Melakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru,
  • Memajukan pendidikan nasional.
Dan Berikut adalah Fungsi PGRI :
  • Memajukan profesi,
  • Meningkatkan kompetensi,
  • (Meningkatkan) Karier,
  • (Meningkatkan) Wawasan Kependidikan,
  • (Memberikan) Perlindungan Profesi
  • (Meningkatkan) Kesejahteraan, dan
  • (Melaksanakan) Pengabdian Masyarakat
Dengan hadirnya sosok seorang guru dengan berbagai jaminan yang telah dimilikinya dalam dunia pendidikan, diharapkan agar mampu untuk melaksanakan apa yang telah diamanatkan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan nasional sehingga nantinya tercipta masa depan yang cerah untuk bangsa Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas yang tercipta dari kualitas pendidik dan pengajar yang profesional.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

10 komentar

gan.. pernah denger kalau guru dibayar murah untuk mengajar? apa tanggapan ente?

saya kurang tau harus komentar apa. semoga guru semakin giat mengajar. bukan hanya memberi tugas tugas saja. apa lagi kalau presentasi. saya kurang suka itu . menurut pandangan saya sebagai seorang siswa

Bagaimana tanggapan anda dengan guru yang sistem mengajarnya kurang baik?

Memang sangat fundamental owran guru dalam pendidikan. Mantap artikelnya bro

Artikel Inspiratif yg gua baca hari ini jatuh kepada Guru Ku PKN.... Keren banget gan

Gurulah yang memberi ilmu bermanfaat untuk kita sampai saat ini. Terus berkarya tentang pendidikan mas

semangat pak guru. tidak hanya memberikan pengetahuan di sekolah tapi juga berbagi pengetahuan di internet heheh

Wahh seru jg cerita, jd pen baca diulang2 terus

Kita dalam jalur kerja yang sama, gan. Cuma gw di MT

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.